Laman

Selasa, 26 Agustus 2014

Kompas Saba Kampus

*Late post...
Tanggal 26 April 2014 lalu, gue dan Patris ikut dalam acara Kompas Saba Kampus, tepatnya di UMN.


Waktu pertama kali baca infonya di sosmed, mata gue langsung tertuju sama workshop desain grafis. (karena kebetulan gue ambil jurusan desain grafis juga di UMN). Gw yang baru masuk semester 6, waktu itu ngerasa antusias banget sama workshopnya dan juga pas banget karna ada info buat magang :D



SESI 1
Seminar 1

Singkat cerita, gue daftar online di website Kompas kampus. Acaranya diadain hari Sabtu jam 9 pagi, registrasi/daftar ulang udah dimulai dan rame bangettt.. banyak mahasiwa dari jurusan lain yang juga antusias ikut acara ini.
Abis daftar ulang, kita dikasih nomer undian buat acara doorprize diakhir acara.. dan nomer gue waktu itu adalah 81 :D Ehh.. tapi ga cuma itu aja. Sebelum masuk ke dalam function hall, kita udah dibagiin goodie bag dari Kompas. Udah gitu, dapet snack jugaaa.. *senengnya dobel.

Setelah semua ngumpul, akhirnya seminar pun dimulai. Bapak Budiman Tanuredjo jadi pembicara pada pagi itu. Temanya "Peran Harian Kompas dalam pemilu di Indonesia"
Ternyata seminarnya seru banget loh buat diikutin, kita cukup banyak berdiskusi tentang pemilu di Indonesia, dan disini Kompas menjadi media yang netral dalam memberikan informasi politik.
Salah satu bahan diskusi yang menurut gue menarik adalah, saat Pak Budiman menanyakan pendapat mahasiswa mengenai pilihan golput atau tidak saat pemilihan legislatif lalu. Jawabannya beragam banget, dan menurut gue berhasil bikin mahasiswa ngerasa excited buat ikut berdiskusi.
Di seminar ini, beliau juga berbagi informasi mengenai jalannya penghitungan quick count yang dilakukan oleh Litbang Kompas, informasi yang disampaikan juga cukup detail dan menurut gue, informasi kayak gitu cuma bisa didapet saat acara seminar kayak gini..
Sebelum acara seminar selesai, beliau juga berbagi informasi tentang divisi apa saja yang berperan di Harian Kompas. Dari situ kita jadi punya gambaran tentang jobdesk dari divisi masing-masing di Kompas. Lewat tayangan video, kita dikasih liat sedikit cuplikan pekerjaan orang-orang yang bekerja dibalik Harian Kompas. Masing-masing divisi punya peranan penting.. kayak bagian marketing communication, human resources, advertising dan banyak lagi..
Ternyata, untuk menghasilkan sebuah koran yang tiap pagi dibaca oleh orang-orang itu, harus lewat proses yang panjanggg lohh.. dan itu bukan proses yang gampang. *kebayang sih sama kejaran deadlinenya..

SESI 2
Workshop Desain Grafis

Setelah seminar pertama selesai, kita mulai dibagi per-kelas sesuai minat masing-masing. 
gue dan Patris ikut kelas desain grafis yang waktu itu membahas tentang desain berita dan infografik..
Dibimbing sama Kak Septa (materi desain berita) dan Kak Pandu (materi infografik), mereka adalah orang-orang yang bekerja di Harian Kompas. Pada welcome banget loh ternyata..kita jadi ga takut buat nanya.. disini kita juga banyak dapet informasi baru..
Kita dapet pengetahuan tentang layout di surat kabar, dapet referensi buku tentang grid system, belajar sedikit tentang pemilihan typeface, do and don't dalam me-layout surat kabar/majalah, belajar tentang infografik, melihat contoh infografik, tips membuat infografik, dan masih banyak lagi..

*By the way, buat yang mau memperdalam ilmu grid system, bisa baca buku "Grid system in graphic design" atau kalau mau liat penampakannya bisa cek di : https://www.goodreads.com/book/show/350962.Grid_Systems_in_Graphic_Design_Raster_Systeme_Fur_Die_Visuele_Gestaltung
(hasil dari rekomendasi Kak Septa waktu workshop)

catetan yang sempet dicatat waktu workshop (iya, emang berantakan)

catatan yang sempet dicatat waktu workshop (iyah, ini juga berantakan)

Intinya sih, workshopnya asik banget..apalagi pas bikin sketsa infografik. Kita dibagi per kelompok, dikasih studi kasus, bikin bareng-bareng, terus dapet masukan juga apa aja yang masih kurang.
:D kita banyak belajar deh pokoknya...

Hasil kelas Workshop Desain Grafis  : Infografik :D

Ohya, dari hasil sharing.. kita diingetin kalo kerjasama tim itu penting banget. terutama kalo kerja di media cetak.. Perlu kerjasama yang baik, biar hasilnya bisa selesai tepat waktu.
bayangin aja.. Misal; berita telat masuk-desainer ga bisa layout karna ga ada bahan-telat desain-telat cetak-masyarakat telat terima informasi.
Makanya, setiap divisi punya peranan penting masing-masing dan pastinya harus bisa bekerjasama dengan tim lain biar bisa selesai sesuai deadline..


SESI 3

Diakhir acara, ada seminar yang dibawakan oleh Rene Suhardono. Ini seru banget, dan menurut gue bener2 membuka pikiran dan memotivasi banget..
Mas Rene itu bisa banget membawa suasana dan berhasil jadi motivator buat mahasiswa. salut banget sih sama pemikiran dan cara dia membawakan seminar.. 
yang awalnya gue ngerasa biasa aja, sampe akhirnya gue ngerasa betah banget dan gak nyesel ikut acara itu sampe sore :D
Ngomongin tentang passion, future career, creativity... dan...banyak deh..
mungkin perlu juga follow twitternya, karna dia suka punya quotes bagus dan punya tweet yang menarik buat dibaca di timeline~
Penutupan seminar yang menurut gue sempurna banget deh.. walaupun udah sore, jam-jam capek, mulai ngantuk, tapi gara2 seminar ini kita malah dibikin semangat.. :D

Dan yang paling ditunggu2...
jeng jeng jeng...
pembagian doorprize~ hadiahnya dari flash disc sampe hard disc coyyy...
walaupun pada intinya gue kurang beruntung :p tapi gue seneng banget sih ikut acara Kompas Saba ini.
Asli, ga nyesel... dan event kayak gini sih harus banget diikutin buat semua mahasiswa..
banyak pengetahuan yang mungkin kita gak dapet waktu kuliah..
Wajib banget deh ikutin setiap sesi seminar dan workshopnya.. dalam sehari, kita bakal dapet banyak ilmu baru. 
:D
Kompas Saba Kampus *Yeay*


Terakhir, kabar gembira sebelum acara ditutup.. kita para peserta Kompas saba dikasih tau, bisa punya kesempatan buat ikut program lanjutan dari Kompas saba, yg pake pola intensif magang selama 6 hari di Kompas (Batch 2). Yeayyy! Asik banget kan.. *makanya kalo ada Kompas Saba lagi kudu pada ikut :D* dan ini terbuka buat temen2 yang emang udah ikut Kompas Saba Kampus.. *I'm very lucky*
Tapi emang tetep harus lewat tahap seleksi dulu :) So, wish me luck! 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar